Batik solo

Batik solo sendiri merupakan batik yang banyak diminati oleh masyarakat modern saat ini, karena corak dan warnanya yang unik dan beragam. Di Solo dikenal dua macam kain yang sudah tidak asing lagi di telinga, yaitu batik dan lurik. Batik yang berasal dari sekitar Solo dan Jogja dikenal dengan batik kesultanan. Biasanya warna yang digunakan adalah warna biru yang melambangkan bumi, coklat yang melambangkan api, dan putih yang melambangkan udara dan air. Batik solo menggunakan warna sogan (kombinasi warna coklat muda, coklat tua, coklat kekuningan, coklat kehitaman, dan coklat kemerahan).

 

Batik Solo terkenal dengan corak dan pola tradisionalnya baik dalam proses batik cap maupun dalam proses batik tulis. Bahan-bahan yang dipergunakan untuk pewarnaan masih tetap banyak memakai bahan-bahan dalam negeri seperti soga Jawa yang sudah terkenal sejak dari dahulu. Polanya tetap antara lain terkenal dengan Sidomukti dan Sidoluruh. Kekhasan batik solo sudah terkenal di seluruh Indonesia dan mancanegara, bahkan sudah menjadi produk eksport andalan.

jika ingin melihat koleksi batik solo yang lengkapmya silahkan berkunjung di http://batiksolomode.blogspot.com/ sebagai toko online batik solo

By budybisa

Leave a comment